SEMINAR NASIONAL "MANFAAT DONGENG UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK" - Singaparna News
Headlines News :
Home » » SEMINAR NASIONAL "MANFAAT DONGENG UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK"

SEMINAR NASIONAL "MANFAAT DONGENG UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK"

 
Dimasa sekarang bercerita atau mendongeng memang merupakan hal yang jarang dilakukan dan banyak ditinggalkan oleh kebanyakan orang tua pada masa sekarang. Peran dan fungsinya sudah banyak tergantikan oleh tayangan televisi dan bermain game di komputer atau peralatan game canggih lainnya. Kita tidak dapat memungkiri perkembangan zaman sekarang begitu cepat dan dinamis berkat kemajuan teknologi dan informasi, meski perkembangan tersebut tidak selalu menimbulkan dampak yang harmonis. Terlepas dari semua itu, cerita atau dongeng memiliki kekuatan tersendiri yang terbukti efektif membentuk karakter anak-anak kita di masa yang akan datang. Terlebih disaat anak menjelang tidur, dengan memberikan cerita atau dongeng pengantar tidur yang baik, menarik, penuh semangat, kisah-kisah heroik pahlawan, kisah-kisah para nabi dan  kisah-kisah keteladanan lainnya menjadi salah satu media hipnoterapi secara halus buat anak.
Demikianlah hal yang diangkat dalam Seminar Nasional yang mengusung tema"Manfaat Dongeng Untuk Membentuk Kepribadian Anak" bertempat di Ma'Arif Garden Kota Tasikmalaya, Sabtu (24/4). Hadir dalam seminar tersebut Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Drs. H. Tio Indra Setiadi sekaligus membuka seminar, Kepala Bidang PNFI Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Pengelola dan Pemilik Ma'arif Garden, Syamsul Ma'arif dan Nara Sumber dari Rumah Pensil Publisher Bandung, Eka Wardhana yang merupakan Pendongeng dan Penulis Buku Anak-anak serta para peserta seminar yang merupakan para Tutor PAUD berasal dari Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Garut dan Sumedang sebanyak 140 orang lebih.

Dalam laporan yang disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara, kegiatan yang merupakan agenda setengah tahunan ini adalah hasil kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Forum PAUD dan Rumah Pensil Publisher Bandung yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para Tutor dalam mengajar dan meningkatkan mutu pendidikan.

"Character Building melalui kegiatan mendongeng atau bercerita saat ini sudah jarang dilakukan, padahal dengan mendongeng atau bercerita merupakan salah satu cara efektif untuk membentuk kepribadian anak menjadi generasi yang handal dimasa depan" demikian yang disampaikan, Drs. H. Tio Indra Setiadi mengawali sambutannya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa prinsip utama cerita atau dongeng harus memiliki nilai yang mencerminkan tanggungjawab dalam mengembangkan kepribadian anak. Harus dipilih dan dipilah cerita atau dongeng yang mengandung pesan dan nilai positif bagi perkembangan anak baik secara psikologis maupun moral serta disampaikan dengan menarik dan memberikan efek "Fun and Learning" sehingga anak mudah menyerap dan memahami kandungan isi cerita atau dongeng. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada panitia, pengelola ma'arif Garden dan nara sumber, "Semoga manfaat seminar ini dapat mengimbangi banyaknya media informasi yang saat ini telah berkembang pesat dan mampu menjadi filter yang efektif dari pengaruh negatif perkembangan tersebut".
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PILIH BAHASA

 
Support : Creating Website | Test | Asal2an
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2010-2013. Singaparna News - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya