PEMBUKAAN PELATIHAN INTENSIFIKASI LAHAN PEKARANGAN BAGI KWT DAN PENINGKATAN P2WKSS - Singaparna News
Headlines News :
Home » , » PEMBUKAAN PELATIHAN INTENSIFIKASI LAHAN PEKARANGAN BAGI KWT DAN PENINGKATAN P2WKSS

PEMBUKAAN PELATIHAN INTENSIFIKASI LAHAN PEKARANGAN BAGI KWT DAN PENINGKATAN P2WKSS

Sekitar 50 peserta pelatihan, Camat Mangkubumi, Kadis Pertanian Perikanan dan Kehutanan Ir. Dedi Supriyadi, MP serta unsur Kecamatan Mangkubumi dan Kelurahan Cipari hadir pada pembukaan Pelatihan Intensifikasi Lahan Pekarangan Bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Situ Beet Kelurahan Cipari Kecamatan Mangkubumi yang secara langsung dibuka Wakil Walikota Tasikmalaya Ir.H. Dede Sudrajat MP serta penyerahan bantuan berupa alat tulis kantor dan bibit tanaman sayuran.
Wakil Walikota Dalam acara tersebut memberikan sambutan dengan menyampaikan menghadapi pembangunan pertanian perikanan pada era globalisasi yang mana pembangunan pertanian harus lebih ditingkatkan dengan tujuan meningkatkan ketahanan pangan, pengembangan usaha agribisnis dan peningkatan kesejahteraan petani yang tentunya untuk kesuksesan program tersebut memerlukan upaya pemberdayaan terhadap petani sebagai SDM dan pelaku utamanya termasuk wanita tani. Beliau menambahkan untuk meningkatkan kemandirian wanita tani dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi kegiatan bisa terlaksana dengan pelatihan ini yang akan memberikan pembekalan serta pembelajaran tentang pemanfaatan pekarangan serta pengolahan hasil pertanian "tahun lalu Kota Tasik menjadi juara tingkat Jawa Barat meski tidak dibuka oleh saya, nah sekarang dibuka oleh saya harus lebih meningkat lagi" katanya sambil tersenyum. Diakhir sambutan beliau menyampaikan harapannya bahwa acara ini bukan hanya seremonial aja namun bisa menjadi kebiasaan bagus serta substansinya ada peningkatan kualitas kemandirian dari wanita tani dalam upaya membantu kesejanteraannya.
Dalam kesempatan yang sama, Ir. Enung Nurteti Kasi Produksi bidang Tanaman Pangan yang sekaligus sebagai Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan latrar belakang kegiatan mengingat lahan pekarangan mempunyai potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan dan dikelola secara optimal dengan program ini yang mengupayakan pengembangan sumberdaya alam serta lingkungan melalui program P2WKSS dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, pemanfaatan lahan pekarangan dan menempatkan model pengembangan teknologi pekarangan masing-masing kelompok binaan. ditambahkan dalam laporannya bahwa jumlah peserta sebanyak 50 orang dengan materi tentang kebijakan pengembangan budidaya lahan pekarangan, budidaya pengolahan hasil pertanian, perikanan dan peternakan serta dinamika kelompok pengembangan potensi diri.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PILIH BAHASA

 
Support : Creating Website | Test | Asal2an
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2010-2013. Singaparna News - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya