"PERINGATAN HARI KANKER SE-DUNIA" - Singaparna News
Headlines News :
Home » » "PERINGATAN HARI KANKER SE-DUNIA"

"PERINGATAN HARI KANKER SE-DUNIA"



Sejak tahun 2005, tanggal 4 Februari setiap tahun diperingati sebagai hari kanker sedunia , " World Cancer Day" kegiatan yang dimotori oleh Internasional Union Against Cancer ( IUAC, Konsorsorium Global Beranggotakan lebih dari 280 Organisasi anti kanker di 90 Negara) ini bertujuan untuk meningkatkan langkah pencegahan, deteksi dini maupun pengobatannya. (Kamis,18/2)
Peringatan Hari Kanker sedunia tingkat Kota Tasikmalaya dilaksanakan dengan tema : " Mari Kita Perangi dan Berantas Kanker, Kanker leher rahim bisa ditemukan dan diobati secara dini". bertempat di Rumah Bersalin Dewi Sartika. Acara tersebut diresmikan oleh Walikota Tasikmalaya Drs. H. Syarif Hidayat, M.Si.
Pada kesempatan tersebut hadir pula Anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Rektor Universitas Siliwangi, Ketua Tim FCP Universitas Siliwangi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Serta Para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, hadir pula Ketua TP. PKK Kota Tasikmalaya.
Acara ini terselenggara berkat kerjasama dan koordinasi Kepala Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya serta dukungan dari Walikota Tasikmalaya dan dari Universitas Siliwangi yang telah menjalin kerjasama dengan Universitas Leiden Belanda, serta institusi kesehatan yang ada di Kota Tasikmalaya baik Pemerintah maupun swasta, tutur Koordinator Regional Tasikmalaya Mfc See and Treat Kanker Cervik, H.Sadeli Suganda,dr,Mkes. Beliau juga mengatakan melalui peringatan hari kanker sedunia kita semua berharap untuk mulai memperhatikan, menyadari dan peduli serta mau melaksanakan pencegahan, pemberantasan dan penanggulangan penyakit kanker, yaitu suatu penyakit yang muncul dan berkembang dan sangat menakutkan kalau kita tidak melaksanakan upaya pencegahan dan pemberantasannya. Atau pengobatan segera pada phase dini. Untuk mendeteksi secara dini kanker rahim bisa dilakukan dengan cara yang lebih murah dan mudah, dengan metode IVA (Inveksi Visual dengan Asam Asetat) yaitu mengoleskan Asam Asetat/Asam Cuka (3-5%) pada mulut rahim. Untuk mensosialisasikan cara tersebut Pemerintah Kota Taasikmalaya melalui Dinas Kesehatan telah mengikat kerjasama dengan Tim Famale Cancer Program Universitas Siliwangi, atas bantuan Leiden University Belanda, untuk melaksanakan kegiatan berupa pelatihan tenaga dokter, Bidan, TP. PKK Kota/Kecamatan/Kelurahan dan para kader yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya.
Dalam sambutannya Walikota Tasikmalaya menyampaikan" bahwa sesungguhnya penyakit kanker leher rahim dapat dicegah dan dikendalikan, apabila kita mau melakukan pemeriksaan secara dini. Pemeriksaan ini sangat mudah dan murah dapat dilakukan di puskesmas, puskesmas pembantu, Rumah Bersalin dan institusi pelayanan kesehatan lainnya. Mencegah kanker leher rahim lebih baik dan hemat daripada mengobati, yang disertai rasa sakit dan biaya mahal", tegasnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PILIH BAHASA

 
Support : Creating Website | Test | Asal2an
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2010-2013. Singaparna News - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya